Sabtu, 24 Oktober 2015

BAB 1 KTI INFUSE PUMP DILENGKAPI DENGAN PENDETEKSI GELEMBUNG UDARA



BAB I

PENDAHULUAN



1.1 Latar Belakang

     Bidang kesehatan merupakan salah satu bidang yang menjadi prioritas utama dalam pembangunan bangsa Indonesia. Kesehatan adalah salah satu faktor penting yang menjadi perhatian banyak orang. Demikian juga dengan alat-alat kedokteran. Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, hal ini dapat dilihat dengan munculnya peralatan kedokteran yang semakin canggih serta bersifat praktis, efisien dan efektif yang memberikan banyak manfaat bagi dunia kedokteran.
     Salah satu alat penunjang kesehatan adalah alat Infus. Infus adalah alat kesehatan yang digunakan untuk memberikan tambahan zat-zat elektrolit yang berupa zat cair ke dalam tubuh pasien melalui sebuah selang yang diberikan ke pembuluh darah vena pada pasien sesuai dengan pengaturan  kuantitas tetesan cairan infus yang dibutuhkan oleh pasien. Fungsi dari pemberian cairan infus yaitu dikarenakan saat pasien menjalani suatu terapi penyembuhan dari penyakit yang dideritanya, pasien dalam kondisi tersebut membutuhkan tambahan zat-zat elektrolit untuk menggantikan zat / cairan tubuh (NaCl) yang hilang di dalam tubuhnya atau darah bagi pasien yang membutuhkannya. Kuantitas infus yang diterima pasien harus sesuai dengan kebutuhan, sebab hal ini akan sangat penting untuk membantu proses penyembuhan pasien. (Pratomo, G. S, 2006 : 12)
     Pemberian cairan infus dibutuhkan pengamatan yang sangat akurat dan perhitungan yang teliti berdasarkan aturan yang sudah ada untuk mencegah gejala penurunan suhu tubuh pasien secara drastis (Hypotermia). Oleh karena itu pada alat yang penulis buat ini dipasang rangkaian penghitung tetesan. Rangkaian laju aliran/tetesan digunakan untuk menghitung berapa jumlah tetesan infus yang telah masuk ke dalam tubuh pasien. dan rangkaian pendeteksi gelembung udara untuk mendeteksi masuknya gelembung udara ke dalam tubuh pasien.
      Gelembung udara tidak boleh masuk ke dalam tubuh pasien karena akan bersifat meracuni darah dan juga akan menimbulkan Emboli (masuknya benda asing ke dalam paru-paru). Emboli paru-paru adalah keadaan akut yang mengancam kehidupan. (Stevens P.J.M, Bordui F dan Weyde J.A.G. Vander. 1999, halaman 245). Oleh karena itu dibutuhkan alat pendeteksi gelembung udara yang berfungsi untuk mendeteksi ada tidaknya gelembung udara pada selang infus dengan tujuan mencegah terjadinya emboli pada pasien dan memberitahukan kepada perawat melalui alarm yang akan berbunyi apabila dalam cairan infus terdapat gelembung udara yang dapat membahayakan keselamatan pasien..
     Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan diatas, penulis tertarik untuk merangkai alat yang diajukan dalam bentuk karya tulis ilmiah dengan judul Perencanaan dan Pembuatan Alat Penghitung Tetesan Infuse Dilengkapi Pendeteksi Gelembung Udara Pada Selang”.
     Alat yang akan penulis buat untuk sensor gelembung udara menggunakan sensor infrared dan photodioda. Sementara untuk sistem kontrolnya menggunakan mikrokontroler AT Mega 16 dengan menggunakan tampilan LCD serta dilengkapi dengan alarm.

1.2 Rumusan Masalah                                             

     Dalam perencanaan dan pembuatan alat penghitung tetesan dan pendeteksi  gelembung udara ini penulis merumuskan masalahnya sebagai berikut:
1.      Bagaimana membuat alat penghitung tetesan infus dilengkapi pendeteksi gelembung udara pada selang ?
2.      Seberapa besar tingkat akurasi rangkaian penghitung tetesan infus?
3.      Apakah sensor pendeteksi gelembung udara dapat mendeteksi gelembung udara yang ada di cairan infus?

1.3  Batasan Masalah

     Pembahasan rangkaian penghitung tetesan dan rangkaian pendeteksi gelembung udara.

1.4 Tujuan

Berdasarkan pembahasan yang penulis buat, maka tujuan yang hendak dicapai oleh penulis adalah:

                1.4.1 Tujuan umum

                        Tujuan umum dari penulisan karya tulis ilmiah ini adalah :
a)        Merancang dan membuat alat penghitung tetesan infus dilengkapi  pendeteksi gelembung udara pada selang.

                1.4.2 Tujuan khusus

                        Tujuan khusus dari penulisan karya tulis ilmiah ini adalah
a)      Mengetahui kesesuaian dan tingkat akurasi rangkaian penghitung tetesan infus dengan perhitungan.
b)      Mengidentifikasi  perbedaan karakteristik respon sensor pendeteksi gelembung udara.

1.5 Manfaat Penelitian

Manfaat yang diperoleh dari penulisan karya tulis ilmiah ini adalah :

            1.5.1 Bagi Pengguna


a)        Pengguna dapat mengetahui tetesan infus yang diberikan pada pasien bila terjadi kesalahan penghitungan.
b)        Mempermudah pengguna dalam mengawasi apakah ada gelembung udara atau tidak.

            1.5.2 Bagi Institusi


Menambah perbendaharaan pustaka dan peralatan medis yang dapat dipakai oleh Institusi baik secara teori maupun praktek.

            1.5.3 Bagi peneliti


Penulis dapat mengaplikasikan ilmu elektromedik yang diperoleh di bangku perkuliahan ke dalam dunia kerja melalui pemahaman yang mendalam tentang alat penghitung tetesan infus dilengkapi  pendeteksi gelembung udara pada selang infus       .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar