Sabtu, 29 Desember 2012

BAB 1 PROPOSAL T.A KU


PROPOSAL TUGAS AKHIR
PERENCANAAN DAN PEMBUATAN INFUSE PUMP DENGAN DILENGKAPI SENSOR PENDETEKSI GELEMBUNG UDARA

Diajukan Sebagai Salah Satu Syarat
Ujian Akhir Program Pendidikan Diploma Tiga (D-III ) Teknik Elektro Medik
 Pada Akademi Teknik Elektro Medik Semarang



 






Oleh :
WAHYU PONCO ADI SUMBORO
(013.10.046)


AKADEMI TEKNIK ELEKTRO MEDIKSEMARANG
2012


BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
            Bidang kesehatan merupakan salah satu bidang yang menjadi prioritas utama dalam pembangunan bangsa Indonesia dan kesehatan adalah salah satu faktor penting yang menjadi perhatian banyak orang. Demikian juga dengan alat-alat kedokteran. Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, hal ini dapat dilihat dengan munculnya peralatan kedokteran yang semakin canggih serta bersifat praktis, efisien dan efektif yang memberikan dampak positif bagi dunia kedokteran.
            Salah satu alat penunjang kesehatan adalah infuse pump. Infus pump adalah suatu alat kesehatan yang digunakan untuk memberikan tambahan zat-zat elektrolit yang berupa zat cair ke dalam tubuh pasien melalui sebuah selang infus yang diberikan ke pembuluh darah vena pada pasien sesuai dengan pengaturan  kuantitas tetesan cairan infus yang dibutuhkan oleh pasien. Fungsi dari infuse pump yaitu mengatur jumlah cairan atau obat yang masuk ke dalam sirkulasi darah pasien secara langsung melalui vena. Tujuan pemberian cairan pada pasien yaitu dikarenakan saat pasien menjalani suatu terapi penyembuhan dari penyakit yang dideritanya, pasien dalam kondisi tersebut membutuhkan tambahan zat-zat elektrolit untuk menggantikan zat / cairan tubuh (NaCl) yang hilang didalam tubuhnya atau darah bagi pasien yang membutuhkannya. Kuantitas infus yang diterima pasien harus sesuai dengan kebutuhan, sebab hal ini akan sangat penting untuk membantu proses penyembuhan pasien.(Karya Tulis Ilmiah Gatot Satryo Pratomo tahun 2006 tentang infuse pump)
            Dalam pemberian infus dibutuhkan pengamatan yang sangat akurat dan perhitungan yang teliti berdasarkan aturan yang sudah ada untuk mencegah gejala penurunan suhu tubuh pasien secara drastis (Hypotermia).Oleh karena itu pada alat infus pump juga dipasang rangkaian penghitung tetesan. Rangkaian laju aliran/tetesan digunakan untuk menghitung berapa jumlah tetesan infus yang telah masuk ke dalam tubuh pasien.
            Berdasarkan percobaan penelitian yang dilakukan oleh Pratomo G. S. (KTI : 2006) tentang infuse pump diperoleh hasil bahwa sensitifitas pada sensor optocoupler masih sangat rendah, untuk itu perlu dilakukan beberapa perubahan pada rangkaian sensor optocoupler dengan yang lebih baik. Selain itu kelemahan yang ditemukan antara lain tidak adanya sensor pendeteksi gelembung udara. Perlu diketahui bahwa menurut ilmu kedokteran gelembung udara tidak boleh masuk kedalam tubuh pasien karena akan bersifat meracuni darah dan juga akan menimbulkan Emboli (masuknya benda asing kedalam jantung), lebih parahnya akan menyebabkan terjadinya kematian. Oleh karena itu dibutuhkan alat pendeteksi gelembung udara yang berfungsi untuk mendeteksi ada tidaknya gelembung udara dan alarm tidak adanya tetesan cairan infus (cairan infus telah habis atau ada kesalahan yang lain) dengan tujuan mencegah terjadinya emboli pada pasien dan memberitahukan kepada perawat bahwa alat mengalami masalah yang dapat membahayakan keselamatan pasien.
            Untuk sensor gelembung udara penulis menggunakan optocoupler jenis U. Optocoupler jenis ini juga bisa digunakan sebagai penghitung jumlah tetesan. Optocoupler terdiri dari 2 jenis rangkaian, yaitu transmiter (penerima sinyal) dan receiver (pemancar sinyal). Bagian transmiter menggunakan LED sebagai pemancar sinyal yang kemudian akan diterima oleh basis dari transistor sebagai transmiter. Ketika tidak ada benda yang menghalangi, maka sinyal LED akan diterima dan kemudian beban akan mendapatkan tegangan. Untuk penghitungan tetesan, penulis menggunakan rangkaian optocoupler. Jarak antara transmiter dan receiver disesuaikan dengan ukuran selang yang digunakan agar sensitifitas sensor sesuai dengan apa yang diinginkan.
           

            Dari latar belakang yang telah diuraikan diatas, penulis tertarik untuk merangkai alat yang diajukan dalam bentuk karya tulis ilmiah dengan judul Perencanaan dan Pembuatan Infuse Pump dengan dilengkapi sensor pendeteksi gelembung udara”.
1.2 Rumusan Masalah
            Dalam perencanaan dan pembuatan infuse pump dengan dilengkapi sensor pendeteksi gelembung udara ini penulis merumuskan masalahnya sebagai berikut:
1.      Seberapa besar tingkat akurasi rangkaian penghitung tetesan infus?
2.      Apakah sensor pendeteksi gelembung udara dapat bekerja dengan baik?
3.      Apakah sensor optocoupler dapat bekerja dengan baik?
1.3 Batasan Masalah
            Dalam perangkaian, penyusunan dan penyajian karya tulis ini, penulis membatasi pokok-pokok pembahasan yang hanya berkaitan dari pembahasan rangkaian penghitung tetesan, sensor pendeteksi gelembung udara dan sensor optocoupler yang sesuai dengan judul yang diajukan. Software tidak dibahas dan infusion pump bekerja antara pemilihan 10 ml sampai dengan 60 ml per jam. Hal ini dimaksud agar tidak terjadi kerancuan dan pelebaran masalah dalam penyajian dan pembatasan karya tulis.
1.4 Tujuan
Dengan memperhatikan pembahasan yang penulis buat, maka tujuan yang hendak dicapai oleh penulis adalah:
            1.4.1 Tujuan umum
            Tujuan umum dari penulisan proposal ini adalah :
a)      Sebagai kelengkapan persyaratan dalam menyelesaikan studi di jenjang Diploma III Akademi Teknik Elektro Medik.
b)      Memberi gambaran awal mengenai rencana alat yang akan dibuat.
c)      Persiapan untuk menghadapi pembuatan modul tugas akhir.

            1.4.2 Tujuan khusus
            Tujuan khusus dari penulisan proposal ini adalah
a)      Mampu memahami, mengukur dan menganalisa seberapa besar tingkat akurasi rangkaian penghitung tetesan infus.
b)      Mampu memahami, mengukur dan menganalisa kinerja sensor pendeteksi gelembung udara.
c)      Mampu memahami, mengukur dan menganalisa kinerja sensor optocoupler.


1.5 Manfaat Penelitian
Manfaat yang diperoleh dari penulisan proposal ini adalah :
1.5.1 Bagi User

a)      Mempermudah user dalam mengatur tetesan infus.
b)      Mempermudah user dalam mengawasi habisnya cairan infus dan apakah ada gelembung udara atau tidak.

1.5.2 Bagi Institusi

Menambah perbendaharaan alat medis dan berfungsi untuk pembelajaran adik tingkat ATEM SEMARANG baik secara teori maupun praktek.



1.5.3 Bagi peneliti

a)     Penulis dapat mengaplikasikan ilmu elektromedik yang diperoleh di bangku perkuliahan kedalam dunia kerja melalui pemahaman yang mendalam tentang alat infuse pump.
b)          Penulis dapat lebih memahami secara keseluruhan tentang alat infuse pump.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar